Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – Sebuah bisnis tentu tidak akan terlepas dengan istilah peluang usaha dan juga kewirauashaan. Sebagai mana langkah dari awalnya dalam mempelajari di dunia bisnis, ada baiknya juga kita perlu tahu sedikit mengenai masalah ini.

Pengertian Peluang usaha itu terdiri dari dua kata yaitu peluang dan usaha. Peluang sendiri di dalam Bahasa inggris memiliki artian opportunity dan juga sesuai KBI adalah kesempatan. Secara sederhananya peluang memiliki artian yaitu kesempatan muncul atau terjadi sebuah peristiwa. Sementara itu, usaha memiliki pengertian berbagai daya atau mendapatkan apa yang kita inginkan. Sehingga secara umum peluang usaha adalah kesempatan yang mana dimanfaatkan orang orang untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan memanfaatkan berbagai faktor eksternal atau juga internal.

Dalam menilai sebuah peluang usaha, apa bisa cocok dengan keadaan kita atau tidak, tentunya kita perlu memperhatikan dua faktor ini yaitu:

Faktor Internal

Faktor internal berasala dari diri kita sendiri missal bakat dan juga minat. Mungkin saha bagi banyak orang usaha bimbingan belajar computer bisa menjadi salah satu peluang usaha bisnis yang baik,namun bagi mereka anak SD atau yang sudah lanjut usaia. Maka ini akan menjadi sulit untuk bisa berkembang.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal memiliki artian berbagai macal hal yang mana berkaitan di luar dari kita. Salah satu contohnya adalah warnet, dimana menjadi salah satu peluang usaha yang dulu sempat naik nama dan laku, dan juga menghasilkan banyak pemasukan bagi pemiliknya. Namun, pada beberapa tahun ini, usaha ini mulai redup karena sudah berkembang dan begitu banyak muncul laptop dan yang utama adalah gadget yagn berkembang dengan pesat di pasaran dan juga di dukung dengan internet yang gratis. Bagi sebagaian wilayah mungkin peluang usaha ini masih cukup laku, nam               un di beberapa daerah sudah banyak yang memasang internet di rumah masing masing.

Faktor yang satu ini perlu kita kaji dengan baik. Caranya adalah dengan kita membuka mata, telinga dan juga menjadi orang yang bisa tanggap dalam hadapi berbagai perubahan dunia. Bila anda melihat dari dua faktor di atas, maka anda nanti bisa membaca peluang usaha dengan baik tentunya. Semoga dari informasi dan ulasan di atas dapat memberikan anda kesempatan untuk bisa memulai usaha anda.