Senin, April 29, 2024

Infoberitaku.com – Tidak hanya di warung kita bisa menikmati makanan yang enak di kota Solo, namun sudah banyak sekali tempat makan yang enak juga dan terkenal di kota Solo ini. Kesempatan ini saya akan memberikan informasi untuk anda yang senang kuliner Solo.

Nasi Liwet

Menu kuliner yang satu ini adalah dibuat dari nasi yang gurih dan dengan sayuran jipang, ada daging ayam, telur, santan, opor dan dengan lainnya. Nasi ini nantinya dialas dengan menggunakan daun pisang dengan dibentuk kerucut. Untuk Nasi Liwet yang enak saya rekomendasikan adalah di Jala Teuku Umar, Nasi Liwet Wongsi Lemu, mulai buka jam 4 sore sampai dengan jam 2 dini hari.

Gudeg Ceker

Gudeg tidak hanya kita temui di kota Jogja namun bisa kita temui di kota Solo. Menu ini terdiri dari nangka muda, ada krecek, telur, ayam dan juga dengan cekerya. Salah satu gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah gudeg Bu Kasno yang ada di sekitar Margoyudan. Mulai buka dari jam 1 dini hari sampai dengan jam 5 pagi.

Pecel

Menu makanan yang satu ini terdiri dari sayuran, ada bayam, jantung pisang, nikirm daun petai china, bunga turi, kacang panjang dan masih banyak lainnya yang mana nanti diberi sambal kacang. Salah satu warung pecel yang enak dan sudah terkenal adalah Pecel Solo Jalan Dr. Supomo no 55.

Sate Buntel

Sate yang satu ini adalah sate khas dari Solo. Dimana dibuat dari daging kambing muda yang dicincang, dibungkus dengna lemak kambing baru nanti dibakar, jadi disebut dengan sate buntel. Bila dalam Bahasa jawa artinya untuk bungkus. Sate yang terkenal adai di Jalan Sebakung 10, Sate Haji Bejo.

Timlo

Menu kuliner Timlo adalah menu yang isinya ada potongan ayam, jeroan ayam misalkan seperti ati ampela, potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah yang sama dengan sup dan nanti di atasnya akan diberikan bawang goreng. Timlo yang enak ada di belakang Pasar Gedhe Solo.

Baso Solo

Baso tentu semua orang suka. Dari menu yang satu ini juga bisa kita temui di Solo. Baso yang terkena adalah baso urat Alex yang ada di Jalan Honggowongso ada di depan Novotel Solo.