Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – Anda pasti tahu dengan film yang sudah terkenal dari Jepang yaitu Doraemon. Itu salah statu tokoh yang paling terkenal di stasiun TV Indonesia. Makanan yang disukai oleh Doraemon adalah roti Dorayaki, untuk bentuknya mirip dengan kue apem dari Indonesia. Untuk kali ini saya akan mencoba mengajak anda untuk membuat kue Dorayaki yang disukai oleh Doraemon.

Resep Kue Praktis

Bahan-bahan Utama

  1. Tepung terigu yang mana memiliki kadar protein. Siapkan juga kurang lebih 150 gr tepung halus.
  2. Garam dapur yang beryodium setengah sendok kecil
  3. Mentega secukupnyua
  4. Gula pasir putih kurang lebih 3 sendok
  5. Susu cari kurang lebih 175 ml
  6. Telur ayam ukuran sedang 2 butir
  7. Mentega tawar kurang lebih 35-40 gr, lelehkan hingga cair
  8. Baking powder 1sdt
  9. Bahan isi kacang merah adalah kacang merah kering kurang lebih sebanyak 50 gr selama 2-3 jam, supaya lebih empuk kemudian ditrisikan. Gula pasir sebanyak 35-40 gr dan susu cair sebenyal 75 ml
  10. Bahan isian untuk rasa keju bisa menggunakan 50 gr keju parut dan juga susu kental manis secukupnya. Bisa juga ditambah dengan kacang sangrai yang sudah matang.

Cara membuat:

  1. Membuat roti terlebih dahulu
  2. Masukan 150 gr tepung terigu, baking powder, gula pasir dan juga garam. Aduk semua hingga rata.
  3. Masukan mentega  tawar yang sudah dilelehkan dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Lakukan sambal di aduk hingga rata.
  4. Gunakan wadah lain untuk mengocok telur. Pecahkan telur yang sudah di siapkan dan kocok sebentar, masukan sedikit ke dalam adonan utama sambal tetap aduk sampai rata.
  5. Masukan susu cair ke dalam adonan utama sampai habis. Seperti memasukan mentega, susu dimasukkan sedikit demi sedikit sambal nanti tetap di aduk sampai rata dan tidak ada gumpulan.
  6. Siapkan cetak dan panaskan dengan api sedang kecil. Janga lupa juga oles permukaan cetkan dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  7. Masukan adonan secukupnya sampai nanti cetakan terendam kurang lebih ¾ bagian. Masak sampai nanti bagian bawah matang warnanya kecoklatan.
  8. Ambil dua bagian dorayaki yang sudah matang. Beri juga satuan bagian dengan keju parut, coklat, butiran coklat dan bahan lainnya, lalu beri juga sedikit siraman susu kental manis. Tutup juga dorayaki satunya dan teka sedikit kuat hingga menempel.
  9. Bagian untuk isian kacang merah, adalah rebus kacang merah yang mana sudah direndam sampai matang. Tiris lalu haluskan. Masak lagi lalu ditambah dengan gula pasir dan juga masukkan susu cair, aduk hingga rata.

Kue Dorayaki Kue Jepang Resep Kue Praktis 2014-11-06