Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – untuk turis yang mana sering datang dan bermain ke Bali tentu sudah menjadi sebuah hal yang asing lagi dengan yang namanya Bedugul. Bedugul adalah salah satu tempat yang terkenal di Bali dan ramai dikunjungi oleh turis dari domestic atau juga dari mancanegara. Bedugul merupakan tempat yang nayman untuk santai ketika liburan ke Bali. Objek wisata yang satu ini ada di Desa Candi Kuning, Kec.Baturiti, Bali, kurang lebih jaraknya 45Km dari pusat kota. Atau kurang lebih memiliki jarak 50Km ke arah utara dari Provinsi Bali.

Tempat yang satu ini ada di dataran tinggi, dan terdapat Danau Beratan. Danau itu memiliki ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Karena terletak di daerah dataran tinggi, oleh karene itu Bedugul memiliki udara yang fresh dan juga sejuk dengan memiliki suhu 17-25 derajat. Di tempat ini juga terdapat sebuah Pura yang dikenal dengan Pura Ulun Danu.

Sejarah Umum Dari Nama Bedugul

Ada beberapa kisah yang menceritakan bahwa sejarah asal dari nama objek wisata yang satu ini adalah dari dua kata yang di ambil dari kata Bedug dan juga Kul-kul yang mana itu adalah sebuah alat komunikasi tradisional orang orang Bali yang gunanaya mirip dengan kentongan. Dari gabungan kedua nama itulah baru lahir nama Bedugul. Cerita lain juga sebutkan asal nama Bedugul ini adalah dari jaman dulu ada raja yang sendang mandi di Danau Beratan dan juga tidak sengaja di lihat oleh warga sekitar, samil mereka juga mengatakan bedogol raja terlihat, dari sana lahir nama Bedugul.

Di Bedugul juga ada beberapa tempat wisata yaitu sebuah masjid yang mana telah berusia tua dengan nama Masjid Besar Al Hidayah. Masjid ini ada di atas bukit kecil di sisi sebelah barat Danau Beratan. Daerah ini mereka memeluk agama Islam dan juga agama Hindu menjadi sangat toleran. Di daerah sana anda bisa banyak temui masjid jadi untuk anda yang masih muslim tidak perlu cemas ketika akan jalankan sholat.