Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – Pada kesempatan kali ini, pembahasan wisata kuliner yang dituju adalah dari Kota Candi yaitu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Kota Yogyakarta bukan hanya terkenal sebagai salah satu kota pelajar dan juga sebagai kota yang dikunjungi banyak turis asing sebagai tempat liburan mereka. Di Kota Jogja ini juga banyak terdapat banyak jenis atau macam-macam kuliner yang menggugah selera kita yang suka menikmati kuliner.

Siapa yang tidak tahu dengan nasi gudeg? Ya, nasi gudeg menjadi salah satu makan favorit dan juga makanan khas dari Kota Jogja ini. Nasi Gudeg sendiri sudah menjadi legenda bagi orang Jogja sendiri, tidak puas bila ke Jogja kalau tidak sempat mecicipi Nasi Gudeg khas Jogja. Nasi Gudeg sendiri dibuat dari baham-bahan seperti, nangka muda yang diberi kuah yang terbuat dari santan, lalu diberikan dengan krecek, telur bebek, tahu dengan kewarna coklatan yang beraroma gosong dan juga ayam kampung yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai keinginan pembeli.

Nasi Gudeg dibagi menjadi tiga jenis yaitu ada gudeg basah, gudeg kering dan juga gudeg manggar. Nah, kita akan bahas apa perbedaan dari ketiga jenis gudeg ini. Untuk gudeg basah biasanya kuahnya lebih banyak dan juga pekat, jadi bisa cocok di santap di pagi hari. Gudeg kering dalam proses pembuatannya di masak lebih lama dari gudeg yang lain, jadi bisa cocok dijadikan oleh-oleh. Lalu kemudian gudeg yang terakhir adalah nasih gudeg manggar, nasi gudeg manggar ini beda dari nasi gudeg yang ada, dikarenakan gudeg ini dibuat dari bunga kelapa yang mana menjadi ciri khas dari gudeg manggar itu sendiri. Bila kita ke Kota Jogja hampir di setiap lokasi kita bisa menemukan rumah makan yang menjual nasi gudeg, tapi ada tempat atau lokasi sebagai tempat menjual gudeg yaitu daerah Wijilan.