Kamis, April 18, 2024

Infoberitaku.com – Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan rasa kuliner yang begitu enak, termasuk juga salah satunya adalah kota Cirebon. Banyak makanan yang ada di kota Cirebon ini yaitu makanan khas tradisional. Kami disini akan coba mengulas bebarapa makanan yang enak khas dari Cirebon.

Kuliner Cirebon

Empal Gentong

Makan ini adalah makanan khas yang berasal dari Cirebon. Di dalam makanan ini terdapat kompsisi yaitu daging sapi dengan disiram kuah santan dan ada bumbu kuning. Akan lebih enak bila ditabur dengan bubuk cabai merah. Mengapa dalam menu ini ada istilah gentong? Karena daging yang dimasak menggunakan kayu bakar dalam sebuah gentong yang mana itu terbuat dari tanah liat.

Salah satu penjual yang juga terkenal untuk menu ini adalah Mang Darma, namun dengan sulit untuk bisa menemukan lokasinya, kami memberikan rekomendasi lain yaitu Empal Gentong H Apud.

Harga dari menu empal gentong ini bisa nikmati dengan harga 16.000 dan juga ada satenya yaitu 25.000 per porsinya.

Nasi Jamblang

Menu yang berikutnya yang tak kalah enak dari menu di atas adalah nasi jamblang. Menu ini adalah makan khas dari Cirebon juga. Menu ini dibuat dengan daun jati. Lalu pembeli bisa memilih sayur yang mereka ingin makan seperti ayam, paru goreng, kerang hijau, ikan dan masih ada lainnya.

Nasi jamblang yang terkenal di kota Cirebon adalah Mang Dul yang ada di perempatan Grage.

Nasi lengko

Menu nasi lengko siapa yang tidak tahu? Ya, nasi lengko ini adalah nasi putih yang mana di dalamnya ada tahu, tempe, timun, toge, seledri dan jgua bawang goreng lalu di berikan kuah bumbu kacang dan kecap manis. Menu ini banyak ditemui di Cirebon. Yang terkenal adalah nasi lengko H.Barno. harga per porsinya adalah 8.000.