Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – apa anda pernah memikirkan sebelumnya, akan menjadi apa anda setelah sepuluh hingga dua puluh tahun ke depan?

Anda yang memiliki rasa optimis untuk hadapi masa depan. Ada juga yang belum tahu pasti nanti akan melakukan apa, sehinga nanti tidak bisa memprediksi di masa depan. Jangan untuk masa depan, untuk hidup sekarang ini masih ada kurang ini dan itu.

Semakin hari kebutuhan akan semakin naik. Harga kebutuhan poko juga akan ikut naik seperti tidak mau tertinggal. Apa lagi bila ada kenaikan harga bahan bakar. Kondisi yang seperti ini, mau tidak mau, suka atau juga tidak suka, perlu kita hadapi. Yang jadi kendalanya adalah gimana kita bisa bertahan dengan kondisi seperti ini. tidak ada jalan lain selain untuk menambah penghasilan kita. Dari sebuah buku yang sempat saya baca, saya mendapatkan info bahwa di cina, masyarakat sudah diajarkan untuk bisa menambah penghasilan . sejak dari kecil mereka sudah diajarkan untuk bagaiman cara menggunakan uang untuk menjalankan bisnis. Dan juga sudah dari kecil bagaiman mereka diminta langsung untuk melihat orang tua mereka bagaimana berbisnis.

Kalau begitu, mengapa kita tidak coba mengamil ilmu dari mereka? Dari sekarang coba bangun usaha kecil yang anda suka. Sekarang yang menjadi kendala dalah mulai untuk membangun usaha itu dari pertama. Mungkin pada awalnya akan terasa susah, namun juga jangan takut. Tidak pernah memulai, kita tidak akan tahu bagaiman jalan di depannya.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk mulai membuka bisnis:

  1. Siapkan mental: hal utama yang perlu disiapkan adalah mental. Mental pengusaha akan berbeda jauh dengan karyawan. Karyawan lebih banyak menghabiskan uang bulanan. Dan di sisi pengusaha,mereka akan investasikan uang mereka untuk bisa dapatkan hasil yang tentu lebih besar. Oleh karena itu, terapkan mental menjadi seorang pengusaha.
  2. Siapkan modal: apa saja usaha anda, tentu perlu modal. Banyak pengusaha mengeluh soal modal. Pada nyatanya tidak perlu risau. Dengan modal kecil, kita juga sudah bisa usaha. Besarnya modal juga tergantung dari besar atau kecil usaha yang akan kita jalankan nanti.
  3. Bidang usaha: tentukan dari sekarang bidang usaha apa yang akan anda buka dan jalankan. Kamu juga nanti bisa pilih bidang usaha yang sebelumnya belum pernah ada.
  4. Lokasi: lokasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam membuka usaha. Lokasi yang ramai dipercaya oleh banyak orang membuat usaha juga cepat dikenal dan juga menarik banyak orang untuk membeli. Namun juga lokasi bisa menipu, karena ada tempat usaha yang laris dan ramai walau itu ada di tempat yang jauh atau juga terpencil. Atau juga di tempat yang sepi, usaha tersebut tetap ramai dan laku.

itu beberapa tips dari saya untuk mencoba memulai membuka usaha yang baru. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk memulai.