Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – Bukan warung saja yang dijadikan tempat untuk bisa menikmati nuansa dan juga suasana malam dari kota Solo. Tapi bila anda tahu, di kota Solo sendiri terdapat banyak tempat makan atau tempat kuliner yang menggugah selera dan juga enak.

Beberapa tempat kuliner solo yang anda bisa coba ketika bermain ataupun berlibur kemari.

Wisata Kuliner Solo

Nasi Liwet

nasi-liwet-khas-solo-300x225-2094169

Menu ini adalah makanan khas yang di dalamnya terdiri dari nasi yang gurih dan dengan sayuram jipang, ada daging ayam, santan kental, telur, opor, dan masih ada yang lainnya, yang mana nantinya disajikan dengan menggunakan daun pisang sedikit ditekuk dan dimasukkan dengan lidi supaya daun pisang tersebut berbentuk kerucut.

Gudeg Ceker

gudeg-ceker-bu-kasno-5064558

13-300x199-6146633

Menu nasi gudeg biasa kita temui ketika bermain ke kota Jojga. Kali ini menu gudeg ternyata ada di kota Solo. Gudeg ini adalah gudeg ceker yang di dalamnya ada nangka muda, krecek, telur, daging ayam dan juga cirri khas utama ada ceker ayam. Gudeg ceker yang terkenal di Solo ada Gudeg Ceker Bu Kasno yang berada di daerah Morgoyudan.

Sate buntel

dsatecvr-300x225-5218021

sate-buntel-tambaksegaran-11-300x200-6220523

Menu berikutnya adalah sate buntel. Sate buntel ini adalah sate khas dari kota Solo yang dibuat dari daging kambing yang dicincang yang juga dibungkus lemak kambing barulah di bakar sehingga bisa disebut dengan sate buntel. Untuk sate buntel yang terkenal adalah sate Haji Bejo yang ada di Jalan Sebakung 10, tepat di belakang toko swalayan Luwes Sangkrah.

Tengkleng

tengkleng-klewer-bu-edi-solo-2345776

Menu kuliner berikutnya adalah tengkleng. Menu ini adalah menu yang bahas dasarnya menggunakan daging kambing dan lebih banyak dengan dengan tulang tulang kambing yang masih memiliki sedikit dading yang menempel pada bagian tulangnya.  Tengkleng yang terkenal adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo.