Senin, Februari 6, 2023

Infoberitaku.com – Kota Pontianak sudah terkenal dengan dengan garis khatulistiwanya. Kota ini juga memang sudah menjadi salah satu wilayah yang mana dilalui garis imajinasi yang membagi menjadi dua bagin, utara dan juga bagian selatan. Untuk bisa menguatkan kota yang sudah terkenal khatulistiwa, di kota Pontianak ini dibangun tugu yang mana ada di lokasi yang dikira sebagai garis tengah bumi.

Selain dari itu juga kota Pontianak dilalui oleh sungai Kapuas dan juga sungai Landak. Dari kedua sungai yang ada ini ada gambarnya dalam logo kota. Tidak hanya popular dengan garis khatulistiwa dan juga sungai Kapuas, dari kota ini juga memiliki banyak sekali tempat tempat wisata yang bisa dibanggakan.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata di Pontianak.

Keraton Kadriah

Didirikan pada tahun 1771 oleh sultan Syarif Abdurrahman yang mana ia adalah salah satu Sultan pertama Pontianak, Keraton Kadriah berada di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan ini juga lebih didomnasi oleh warna kuning dan juga bangunan terbuat dari kayu belian, kayu yang mana sudah dikenal sebagai kayu besi yang memiliki kekuatan untuk membangun rumah.

Masjid Jami Pontianak

Masjid ini juga sudah terkenal di kota Pontianak dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Bersamaa dengan Keraton, Masjid ini juga menjadi saksi dari mulanya mula kota Pontianak. Atap dari Masjid bertingkat 4 dan juga di bagian dalamnya terdapat 4 pilar utama dari bahannya yang terbuat dari kayu belian dengan memiliki 0.5 meter. Selain itu juga masjid yang bisa menampung 1500 orang Jemaah, dimana memiliki gaya rumah panggung untuk bisa menghindar dari bencana banjir.

Tugu Khatulistiwa

Ini adalah Tugu yang mana menjadi kebanggaan warga Pontianak, Tugu Khatulistiwa. Tempat wisata ini ada di sekitar 3 km dari pusat kota. Tugu utama ini juga terdiri dari empat pilar kayu belia, ada dua pilar bagian belakang lebih tinggi dari pilar bagian depan. Selain dari itu, ada tulisan EVENAAR di antara dua pilar belakang.

Di sini juga terdapat museum yang mana berisi informasi mengenai garis imajnasi bumi yang kita tinggali. Di dalamnya ada juga took Suvenir yang mana menjual miniature Tugu Khatulistiwa. Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini, anda tidak akan dikenakan biaya. Namun bila anda ingin mendapatkan sertifikat yang menjadi bukti kunjungan ke museum ini anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,-.

Taman Alun – Alun Kapuas

Dari sungai Kapuas yang sudah terkenal tidak bisa dilepaskan dari kegiatan dan juga kehidupan orang orang Pontianak. Selain dari itu juga menjadi transportasi air, dan juga sungai dimanfaatkan bagian tepinya sebagai sebuah taman untuk menjadi rekreasi keluarga. Tempat wisata yang banyak didatangi pada sore dan juga malan hari ini berada di depan kantor walikota tepatnya.