Sabtu, Juli 27, 2024

Infoberitaku.com – Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit nomor pertama di USA. Penyakiy ini tidak lagi mengenal usia, mulai dari bayi, anak anak, remaja sampai dengan yang sudah lanjut usia memiliki resiko kena penyakit jantung. Lalu pertanyaan yang selalu timbul yaitu apa yang menjadi penyebab penyakit jantung dan bagaiman cara menanganinya? Penyebab penyakit jantung ada dua, faktor keturunan atau juga genetic dan juga faktor dari gaya hidup yang tidak sehat.

kesehatan-jantung-2543107

Artikel Kesehatan Terbaru

Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Ada dua faktor mengapa seseorang bisa ada penyakit jantung, karena misalkan dari faktor keturunan atau genetic, usia dan juga jenis kelamin dan juga ada faktor yang dapat kita rubah seperti contoh kebiasaan gaya hidup.

Dari faktor gen sangat tergantung dengan tinggi rendahnya kadar lipoprotein dalam darah. Semakin tinggi kadar maka resiko untuk terkena penyakit jantung akan semakin besar juga. Dari sebuah penelitian sebutkan bahwa laki laki lebih memiliki resiko terkena penyakit jantung. Wanita memiliki hormone estrogen yang mana dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Dari gaya hidup yang tidak sehat juga misalkan suka merokok, minum alkohol, fast food dengan sering, obesitas, konsumsi makanan yang kolestrol tinggi dan juga stress dapat menjadi penyebab dari terkena penyakit jantung.

Cara untuk tangani penyakit jantung adalah dengan jaga pola hidup sehat. Yang utama adalah bagi anda yang memiliki penyakit jantung turunan. Dan anda bisa mengikut saran yang akan dipaparkan / meninggalkan gaya hidup tak sehat:

  1. Asap rokok atau kandungan dalam rokok dapat pengaruhi pembuluh darah dan juga mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah kita.
  2. Hindari dari makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Itu akan sebabkan lemak yang menumpuk di dalam pembuluh darah coroner yang akan sebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  3. Hindari stress. Stress dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan ini juga akan memberikan kesempatan untuk terkena penyakit jantung.