Selasa, April 30, 2024

Infoberitaku.com – tidak saja cukup dengan organ bagian alat vital. Yang dimaksud dalam hal ini adalah reproduksi juga termasuk semua organ genital.

Bagian organ reproduksi memang kurang begitu diperhatikan oleh kebanyakan orang, karena budaya kita merasa kurang nyamana membahas soal seksual. Padahal organ itu sangat membutuhkan perhatian lebih, utamanya kesehatan dan juga kebersihannya. Kita juga bis menjaga kesehatan alat reproduksi dengan cara cara yang sederhana.

Sekarang ini, kami akan membahas secara khusus mengenai bagaimana cara yang bisa kita gunakan atau lakukan untuk bisa menjaga kesehatan organ reproduksi khususnya wanita. Organ reproduksi pada wanita jauh lebih rumit dari pada pria. Dan juga lebih rentan terkena penyakit. Hal ini juga dikarenakan secara anatomis, posisi organ reproduksi wanita yang berada di dalam tubuh wanita.

Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan

Membersihkan Daerah Kewanitaan

body-care

Menjaga kesehatan organ vital pada wanita yang terutama adalah dengan kita menjaga kebersihannya terlebih dahulu. Untuk menjaga kebersihan bagian vagina, yang perlu kita lakukan adalah membasuh dengan rutin bagian vulva (bibir vagina) dengan hati hati menggunakan air bersih dan juga sabun lembut setiap habis buang air kecil, buang air besar dan juga ketika sedang mandi. Yang paling penting adalah membersihkan sisa keringat dan bakteri yang ada di sekitar vagina. Bagian dalam vagina pada biasanya akan mampu menjaga kebersihannya sendiri.

Disarankan bila bisa hindari pemakaian terlalu sering sabun antiseptic yang keras atau cairan pewangi untuk hilangkan bau di daerah kewanitaan. Terlalu sering membasuh vagina dengan macam macam pewangi dan pembersih yang sudah dijelaskan malah akan merusak keseimbangan organism dan juga cairan vagina sehingga membuat kemungkinan akan terjadi infeksi pada vagina.

Memilih Pakaian Dalam

underwear-4615906

Pada step ini, yang perlu kita perhatikan adalah dalam memilih pakaian dalam, ini merupakan bahan yang akan digunakan sebaiknya terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap keringat dan juga membiarkan kulit bisa lebih leluasa. Selain dari itu juga, hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat, karena selain akan membuat gerah, juga menyebabkan peredaran darah tidak lancar.

Kebersihan daerah wanita juga bisa dijaga dengan rutin mengganti pakaian dalam. Paling tidak kita perlu mengganti dua kali setelah mandi, khususnya bagi wanita yang aktif dan mudah keringatan. Anda juga bisa menggunakan panty liners atau pembalut tipis sekali untuk melapisi pakaian dalam.